pinguingilo wrote:
Nyoman D wrote:
Hello Teguh,

teman-teman mohon bantuannya
aku punya jaringan seperti ini:

internet------router-----proxy---|---komputer 1

                                                  |---komputer2

dengan rincian
1. router = modem + router ADSL dengan IP 192.168.1.1/24
2. proxy = menggunakan Linux fc 4 dengan
                        - nic 1(eth0)mengarah ke router IP
192.168.1.10/24
                        - nic 2(eth1)mengarah ke  hub  (jaringan)  IP
192.168.10.10/24
3. komputer 1 dan komputer 2 mengunakan windows
yang menjadi problem
komputer 1 dan komputer 2 tidak bisa koneksi ke internet, kalau di ping
ke alamat gateway 192.168.1.1 tidak mau

Setingan Network komputer 1 dan komputer 2 bagaimana?

komputer 1 dan komputer 2 menggunakan windows xp dengan masing-masing IP
192.168.10.1/24 dan 192.168.10.2/24
di windows ini kan ada setting untuk gateway dan dns. saya bingung
settinggan ini di isi ip berapa
Maksudnya, IP,
TCP/IP masing-masing komputer(baik client dan proxy)
 Gateway
Router ADSL
, DNSnya
Apakah nge ping ke IP 192.168.1.10 sudah bisa ?

kalau ping dari komputer 1 ke masing-masing nic 192.168.10.10 di proxy
bisa
Nyoman.

sebelumnya saya mengucapkan terima kasih telah ditanggapinya e-mail saya. dan
minta maaf kalau saya banyak tak tahu, soalnya saya newbie di jaringan linux

Berarti Gateway clinetnya arahin ke 192.168.10.10..kan Eth1 Ip
192.168.10.10,
ini pernah saya coba tapi belum bisa, berarti kalau saya ping dari komputer client ke misalnya :www.google.com/ ipaddress 192.168.1.1 tak bisa
DNS isi DNS dapet dari ISP...Dapet kan ??
isi dns ini di proxy linux fc4 kan, dengan mengedit file /etc/resolv.conf.
ini pernah saya lakukan tetapi ipaddress tidak bisa dirubah selalu berisi ipaddress 192.168.1.1 sebagai tambahan saya sering menyetting ipaddress di proxy fc4 dengan menggunakan gui-nya
 Trus di Server
proxy ketik route -n !! keluarnya apa ?? Paste disini !!
untuk langkah terakhir yang anda tulis belum dapat saya lakukan, soalnya waktu sekarang saya menghubungkan router adsl ke komputer client 1(windows xp)

Salam
Bungaran Eka Suryadi
DIGITAL KREASI
Jalan Jend. A. Yani - Kompleks Villa Azhar Block C11, 16 Ulu Palembang,
30265 - Indonesia
Telp. +62-711-7383000, +62-711-520115
Mobile +62-819-27758397
Fax.  +62-711-520115