Pada Monday 12 March 2007 14:18, Zaki Akhmad menulis:
> Saya mau tanya. Apakah jenis harddisk (IDE/SATA/SCSI) di PC yang
> difungsikan sebagai router, berpengaruh terhadap performa router? Jika
> ya, bagaimana cara mengukurnya?

Kalau sekedar router yang cuman mem-forward paket, tidak banyak pengaruhnya.
Paling banter ya cuman beda waktu yang dibutuhkan untuk booting dan shut
down. Kecuali kalau si router juga punya pekerjaan lain, misalnya sebagai
proxy server, barulah pengaruhnya jadi besar sekali.

Bisa dilihat lihat berapa besar transaksi ke harddisk, dan berapa besar I/O
wait dengan perintah vmstat (bisa lihat terus terusan, misalnya dengan
mengetik "vmstat 2" di command prompt.

Kalau transaksi ke disk (dan swap) tidak besar, biasanya I/O wait juga kecil.

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX - Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691