On Wed, Mar 21, 2007 at 09:26:51PM +0700, Arief Yudhawarman wrote:
> Saya lagi maintain server perusahaan yg berlangganan internet
> dg koneksi wireless pada sebuah ISP di sini.
> Saya lihat /var/log/mail.log itu setiap satu menit
> ada koneksi ke port 25, 110 dan 143 dr salah satu
> ip milik ISP tsb. Ketika saya tanyakan mengapa demikian
> pemilik ISP tsb bilang untuk monitor clientnya.

Justru malah enak bukan ada yang bantuin mengawasi availability
mesin kita :-) Saya soalnya paling sebel install service monitoring :-)

Mungkin anda kuatir dengan koneksi ke 3 port itu tiap _menit_? Justru
kekuatiran ini yang perlu dikaji ulang .. hi..hi..
Kalau sekedar cek 'banner', server anda itu sustain sampai ribuan
per _detik_

Saran: ip layanan monitoring ini dimasukkan saja ke whitelist (jadi
tidak perlu terjadi check rbl dlsb). Gak juga gak apa-apa sih. No
big deal lah :D

Salam,

P.Y. Adi Prasaja