On 4/1/07, hadi sumarsono <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pada Fri, 30 Mar 2007 23:53:36 +0700
"artanto, bayu" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> liat dulu log nya, misal
> syslog
> cache.log
> nanti dari situ keliatan erore dimana
>
> bayu - mandriva at http://bayuart.wordpress.com

Maaf bukan menjawab, malah mau tambah pertanyaan ?8)
Aku pernah alami ini sekira 3 atau 4 kali.
Proxy squid jalan lancar tapi client yg konek ga bisa selancar ke situs manapun.
Setelah periksa komunikasi data via eth, ternyata macet disini.
Jadi Internet jalan terus, squid oke saja, tapi buat dimakan master sendiri ?8(

Periksa hardware dan googling ternyata u/ hw eth macam punyaku memang
'sedikit' bermasalah (paling ga, sampai hari ini masih monitor terus gimana
perkembangannya).

Hardware -nya           : Eth on-board Sis900 di Mobo ECS-K7SOM (barang lawas)

Driver      -nya                : sis900.ko di kernel generic 2.6.17.13 (bawaan
Slack-11)

Pesan error-nya :
/var/log/messages               khasan kernel: cur_rx 50777, dirty_rx 50777
                                        khasan kernel: eth0: NULL pointer
encountered in Rx ring
                                        (... terjadi terus menerus sampai 15918
baris)

Tindakan saat itu       : lakukan warm boot / reboot, client musti tunggu
server nyala ?8O

Akhir googling                  : http://lkml.org/lkml/2004/7/25/9

Tindakan saat ini       1).     ambil driver sis900 dari kernel 2.6.13 &
compile ulang
                                        sesuai hw-ku. Modprobe sukses, tinggal
pengamatan .... ?8*
                                2).     kirim email ke sis900maintainer <venza at
brownhat dot org>
                                        ttg masalah ini.

Sebenarnya agak bingung sih, soalnya di driver-nya (bahasa C) tertulis kalo
masalah ini hampir
'tidak' mungkin terjadi, tapi untuk alasan kemungkinannya maka dibuatlah cabang
prosesnya.
Dan ternyata memang terjadi ?8(

Entah masalah ini khas bawaan sis900 on-board atau memang semua eth ber-chip
sis900 ?
Masih tunggu jawaban maintainer-nya, mudah2-an ga lagi sibuk2-nya ...
he..he..he..

Barangkali ada yg mengalami dan berhasil mengatasinya (tanpa perulangan)?
Soalnya harap2-cemas ubah driver dengan patch sesuai email di milis (yg tadi
disebut),
eh kambuh lagi... ya sabarlah nunggu perbaikan driver. Atau ada solusi lain
(sementara jgn
suruh ganti eth-nya ya, lagi males & tongpes nih) ?

--
?8)~ KiosNet LiPI Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927

pernah juga sih kejadian gitu, pake sis900
akhirnya beli second nic 3com cuman 15rebu, buat ganti
lancar jaya :)

btw, kejadian pake ecs dulu sis900 aja di windos xp, kalo pake bawaan
driver windosnya, mac sering beruba jadi 00-00-00-00-00, akhirnya juga
troble di LAN, kalo pake driver sisnya bawaan mobo .. lancar jaya....

sekarang kapok pake sis900, tapi mobo sekarang bundle nic nya pake rtl :)

--
semusim info pindah ke Google
bayu - mandriva at http://bayuart.wordpress.com