On 4/4/07, Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Wed, Apr 04, 2007 at 08:49:31AM +0700, widia wrote:
> dear milis
>
> saya akan membuat proxy dengan empat komputer tapi untuk keluarannya (ip
> globalnya) hanya satu
> saya gambarkan seperti dibawah ini
>

>                   |  pc proxy A  ----|
>   192.168.100.1   |  pc proxy B  ----|
>   ----------------|  pc proxy C  ----|----> 203.130.210.xx ke internet
>   |               |  pc proxy D  ----|
> hub clien
> |     |     |    |    |
> cl1   cl2   cl3  cl4  dst
>

> harapnya dari desain tersebut
> 1. proses akan menjadi lebih cepat karena dibantu oleh processor yang banyak
> [...]

Boros resource (baca: power listrik).

Mengapa tidak beli harddisk lagi sebanyak 4 buah khusus untuk cache
squid ? Anggarkan juga untuk memori, krn hitungan kasar (lengkapnya
baca di faq squid), tiap 1GB object cache akan mengkonsumsi 10 -
15MB memori RAM.

Squid itu boros memori dan space harddisk. Jika anda punya harddisk
40GB untuk cache squid, maka buat alokasi space cache 70% dari
besar partisi, jadi sekitar 28GB, tapi ini pun perlu memori RAM
28 * 15 = 420MB atau 280MB - 420MB.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~

maksudnya buat jaga² kalo salah satu mati proxynya
bisa karena hardware (biasanya), makanya (mungkin) penanya punya seting begitu
dan mungkin juga di tempat penanya listrik gak jadi msalah :)

--
semusim info pindah ke Google
bayu - mandriva at http://bayuart.wordpress.com