Terima Kasih banyak buat tanggapan teman2 semua,
saya sudah coba yang di sarankan teman2 tapi fax-nya masih belum bisa
masuk saya sudah mengedit file etc inittab dan menambahkan
# FaxGetty Entry
S0:23:respawn:/usr/local/sbin/faxgetty ttySHSF0

restart pc-nya dan kemudian menjalankan perintah faxgetty -D /dev/ttySHSF0 &

[EMAIL PROTECTED] /]# faxgetty -D /dev/ttySHSF0 &
[1] 7120
[1]   Done                    faxgetty -D /dev/ttySHSF0
[EMAIL PROTECTED] /]#

kemudian saya periksa statusnya dengan menjalankan faxstat -s

[EMAIL PROTECTED] /]# faxstat -s
HylaFAX scheduler on faxserver: Running
Modem modem (42883875): Running and idle
Modem ttySHSF1 (42883875): Running and idle
[EMAIL PROTECTED] /]#

(FYI untuk device ttySHSF0 saya buatkan symbolic link dengan nama modem)

lalu ketika saya coba kirim menggunakan sw fax yang lain keluar error
No Connection (NO CARIER)

kalau saya perhatikan (IMHO) tampaknya HylaFax tidak bisa mengenali
bahwa call yang masuk ke dia adalah Fax apa ada cara supaya HylaFax
mengenali bahwa call yang masuk adalah Fax ?
--
Regards
Samuel Sappa,