Mungkin saja berhubungan dengan masalah permission file.
Apakah Anda menggunakan system dual boot? Apakah file MS Office yang dibuka
berada di partisi Windows (NTFS)?
Kalau ya, memang akan read only karena kebanyakan distro linux secara
default hanya dapat membaca partisi NTFS secara read only.

Regards,

Ir. Yahya Kurniawan
=====================
Penulis Buku Komputer
y4hy4.blogspot.com

Saya lebih banyak menggunakan write untuk keperluan sehari-hari, yg agak
sedikit mengganjal adalah klo saya buka dokumen dari MS Office, selalu
menjadi file read only, padalah setingan asal dari MSO normal, saya udah
coba juga lihat setingan di tool>options.. Tapi blom ketemu tanda-tanda
yg bisa bikin filefile tersebut dibuka secara normal. Sebelumnya saya
juga pernah memakai Ooo untuk Win, dan masalah ini tidak terjadi, mohon
pencerahan para guru sekalian. Oya hal ini tidak terjadi klo saya buat
dokumennya langsung lewat Ooo n disimpen sebagai .doc ato .xls. (yg juga
normalnormal saja saat saya buka dg MSO di kantor).