On Fri, Apr 13, 2007 at 04:36:00PM +0700, Asfihani wrote:

> IMHO, defaultnya adalah eth0 (202.1.2.1). Untuk mengeset agar Postfix
> menggunakan eth0:1 (202.1.2.2) tambahkan di main.cf:
>
> smtp_bind_address = 202.1.2.2

Justru itu yg saya hindari, mengapa ? Karena saat postfix mau kirim
email ke mail server yg ketat, remote server ini akan cek PTR record
ip postfix dan dibandingkan dg myhostname postfix, kalau tidak sama bisa
direject ... IP postfix 202.1.2.1 ini punya PTR record ke mail.domain.com
dan myhostname postfix juga mail.domain.com.

Terimakasih atas jawabannya.

Untuk service yg lain bagaimana ? Misalkan bila saya instal proxy squid,
apakah di sisi remote web server terbaca ip asal squid dr 202.1.2.1
atau bisa dari 202.1.2.2 ?

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,