service pop3 on
mail.telenusa.net ok
service smtp on mail.telenusa.net ok

service smtp on mail.telenusa.net timed out
service smtp on mail.telenusa.net ok
service dns on ns1.telenusa.net timed out

pokoknya service service tersebut sering Up down,
urutannya juga tidak selalu sama... kadang timed out
dalam waktu yang lama misal pop3 sudah ok
sementara smtp baru 3 menit lagi..
sementara service ping icmp tak pernah timed out,..

pengaruhnya memang kadang kadang client tidak bisa
mengirim dan menerima emaIl
dan koneksi ke inernet terputus.....

nb: mail server menggunakan qmail, dan DNS BIND
nb: saya memonitoring secara lokal langsung dari NOC
nya, tidak melalui jaringan inet.... jadi walaupun
link international mati, saya masih bisa mengakses
server" saya..

bisa banyak penyebabnya, bisa karena network nya (walaupun LAN) kurang
stabil, bisa karena memang service tsb yang tidak stabil, bisa karena
monitoring tools nya yang kurang presisi.

--
Jo
UNIX Is a simple operating system, but you have to be Genius to understand it.