Distro apapun dengan kernel >= 2.6.17 seperti ubuntu 6.10, tidak
masalah dengan SATA, di native mode (AHCI) sekalipun.
Windows baru Vista yang dapat mengenal langsung SATA AHCI. Windows XP
harus menggunakan driver ketika instalasi.
lihat http://en.wikipedia.org/wiki/AHCI.
Mayoritas desktop secara default mendisable AHCI. Mayoritas notebook
secara default mengenable AHCI (soalnya menyediakan recovery
disc/partition).