On Thu, Apr 26, 2007 at 11:20:42AM +0700, Fajar Muhandis wrote:
> Dear All.
>
> Saya ada masalah untuk konfigurasi Qmail Menjadi 2 server berbeda,
> contoh MX-1 dan MX-2 dengan server berbeda dan lokasi yg berbeda.
>
> Tapi kedua server tersebut akan mempunyai storage yg sama untuk masing-2
> hosting domain.
> Hal ini untuk aktifasi apabila server MX-1 down, maka secara otomatis
> semua akan terarah pada server MX-2, (Webmail, Mailbox, etc).
>
> Saat ini saya hanya menjalankan Crontab dengan eksekusi FTP transfer
> untuk storage Mailbox per-domain dari server MX-1 ke MX-2.
> [...]

Kalau saya main di dns mas, server A (utama) saya kasih preferensi MX record
tertinggi (nilai terendah) sedangkan server B saya kasih preferensi MX
record terendah (nilai tertinggi). Jadi jika koneksi mail server A drop
atau mail server A shutdown, trafik email dg otomatis dilemparkan ke
server B. Nah untuk sinkronisasinya saya pakai fetchmail yg secara periodik
dijalankan secara berkala :-). Meski server A hidup, email  kadang2
dilempar ke server B.

$ host -t mx godonk.com
godonk.com mail is handled by 50 mail.godonk.com.
godonk.com mail is handled by 10 warnet.godonk.com.

Di warnet.godonk.com ada fetchmail yg jalan setiap 60 menit yg akan
fetch email yg tertampung di server mail.godonk.com.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~