On Tuesday 08 May 2007 15:51, koko wrote:
> Assalamualaikum Wr. Wb.
> Saya mau tanya neh kawan2x, saya mau intall linux centos 4.4 di pc
> server Del optilplex 320 tetapi pas booting error, timnbul pesan ACPI:
> PCI Interupt 0000:00:14.1[A] GSI 16 (level, low0 -> IRQ177  dan banyak
> lagi pesan2 nya, spec PCnya: hd sata, vga intergrated, intel pentium d.
> kira2x kenapa ya dan gmn solusinya , terima kasih.
>
> ------------------------------------

FYI,
Sptnya dell tsb, memang belum disupport Linux.
Saya pakai opensuse, juga gagal.
Silakan lihat arsip di bawah.
Kalau ada info baru atau koreksi, silakan tambahi

Salam

*************************

From: arkosaso <[EMAIL PROTECTED]>
 To: tanya-jawab@linux.or.id

Agung Terminanto wrote:
> [...]
> 0000:00:14,0
> [17179869.128000] Bug : soft lockup detected on CPU #0
>
> Kmd saya coba cari solusi dg browse, dan sptnya, Dell optiflex 320 tsb nggak
> bisa langsung diinstall langsunglinux opensuse 10.2. Harus pakai kernel
> 2.6.18 keatas].
> Skr saya masih bingung cara installnya,
> Ada yg bisa bantu?
>
> Note.
> Sebelumnya saya install opensuse 10.2 di Dell power edge SC 430, berjalan dg
> baik, dual OS juga. Mungkin krn komp agak lama? krn pakai SATA 2?, sedangkan

sharing pengalaman ttg Dell. kantor sini juga pernah beli Dell Optiplex
(no-nya lupa)...
waktu kita beli, kita dah tanya ama distributornya Dell di Indonesia,
apa bisa diinstall linux, katanya 'bisa'. walhasil 'GAK BISA SAMA
SEKALI'. pake distro dari RHEL(yang free yee en update terbaru - saat
itu-) ampe opensuse, mandrake, mandriva (berbagai versi), ubuntu, debian
(belum v.4) ampe capek nge-DJ CD installasi, hehehehe
kita nanya balik ke DELL, yang pada akhirnya orang dari sebuah kantor
konsultan IT, yang telpon ke kami.  sayangnya bukannya ngasih solusi,
atau manual installasi linux on dell, tapi malah balik nanya yang bisa
diinstall linux distro mana ajah, hehehehe....

yah pada intinya, untuk tipe optiplex, dell tuh BELUM support linux. lah
di situsnya mereka driver linux untuk hardwarenya mereka ajah gak ada...
walhasil tuh mesin dell itu sekarang isinya winXP. hehehehehe
maaf kalo bukannya ngasih solusi, tapi sekedar share kalo kita ingin
beli yang branded kayaknya baru tipe2 tertentu doank yang sudah support
linux.

**********************

Thank atas bagi info,
Saya dapat site ttg solusi tsb, di :

http://computerroriginaliascience.blogspot.com/2007/01/installing-linux-on-dell-optiplex-320.html

Saya sdh baca, tapi belum jelas benar
Tapi nggak tahu, caranya menerapkan hal tsb gimana caranya?
Apa saja yg harus diubah?
Ada yg bisa bantu?

Thank
***************

kayaknya udah cukup jelas apa yang ditulis dalam situs tersebut. emang
seh aslinya tuh situs berbahasa jerman. tapi khan instruksinya dalam bhs
inggris. intinya ente harus pake debian, hehehehe. tapi katanya mandriva
jalan.
tapi ada link lagi yang katanya suse10.2 bisa diinstall di situ
http://suseroot.com/blog/blog.php?postid=74
eniwei, hev van en gut lak lah...
ditunggu khabar baek, apakah bisa berhasil atau tidak install linux di
dell optiplex itu.

 ciao,

arko sasongko