Dear rekans,

Numpang info dan promosi dikit :)
Iseng-iseng saya  coba  install FreeNAS (Network-Attached Storage, sebagai
server untuk menyimpan data secara tersentral untuk klien2 yang terhubung ke
network, pak Onno punya artikel tentang ini tahun 99, wow...) ke Compact
Flash dan menjalankan dan mencoba servicenya di embedded PC ebox-2300 (form
factor 10cm x 10 cm x 2 cm) dengan prosesor Vortex86 200 MHz. It's running
well :). Karena dari opensource, saya bagi2 pengalaman (memupuk budaya untuk
memberi, moga bermanfaat), mungkin ada yang mau mencobanya, bisa diikuti
threadnya di
http://jakwir.net/running-freenas-0684b-on-ebox-2300-embedded-pc/

FreeNAS memberikan layanan sebagai berikut:
1. CIFS (SAMBA): Shared file dapat diakses dari Windows Neighborhood dan Samba
Linux
2. FTP server
3. NFS server
4. Menyediakan rsync
5. SSH server
6. Unison file-synchronization tool
7. uPnP file server untuk nyimpen file multimedia dan diakses dari GeeXboX
client (Home THeater System, hehehehe)

Saat ini, ada beberapa produk NAS diantaranya NSLU2 dari Linksys yang cukup
murah (ada yang nawarin $80-an di luar). Saya hanya menghadirkan alternatif
lain jika ada yang menginginkan network storage ini yang dapat dibangun dan
dimodifikasi sendiri.

Hardware yang dibutuhkan:
1. eBox-2300
2. Compact Flash
3. Harddisk

Mulai promosi nih:)
Saya punya CompactFlash yang sudah diisi dengan FreeNAS-0.684b (seharga 200rb
rupiah/buah, diluar ongkos kirim), kalau ada yang berminat bisa hubungi saya
di:
e_d_w1a(at)yahoo(dot)com atau 081573637200
Atau ada yang perlu eBox-2300, saya bisa bantu pesankan (saya minta 1,6jt )
Atau ada yang perlu service/feature/aplikasi lain yang diinginkan,
dipersilahkan hubungi saya

regards,
-eko didik  widianto