On 5/20/07, Kamas Muhammad <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
muhammad panji wrote:

> yang membuat saya penasaran, kenapa ketika saya mendownload
> menggunakan accelerator kecepatan maksimalnya sama dengan satu line
> (tidak dua line). koneksi saya lewatkan proxy, tetapi tidak ada
> pembatasan semacam delay pools di proxy. apakah memang perilaku load
> balancing demikian? atau ada yang terlewatkan?

Menurut saya tidak ada yang anda lewatkan. Perilaku itu normal ketika
anda menggunakan iproute untuk melakukan load balancing kedua line tersebut.

Download sebuah file tidak akan menggunakan kedua link sekaligus karena
ada mekanisme route-cache, yang menyebabkan tujuan yang sering diakses
akan selalu melewati link yang sama. Perilaku ini berlaku juga untuk
download, karena koneksinya terjadi secara terus menerus ke tujuan yang
tetap sama (yaitu sumber download).

Pemilihan link yang lain akan dilakukan setelah IP tersebut hilang dari
route cache. Isi route cache bisa dilihat menggunakan `ip route show cache`.
Terima kasih mas. lega rasanya tidak ada yang terlewatkan?
berarti tidak bisa digunakan keduanya ya? kalau misalnya saya mbuka
yahoo dilewatkan ke rute pertama, berarti tanpa memperdulikan seberapa
sibuk rute pertama ketika saya membuka yahoo akan dilewatkan rute
pertama? kalau dipaksa misal untuk IIX lewat rute dua dan
internasional lewat rute pertama bisa ndak ya?
rgds,

--
Panji
http://sumodirjo.blogspot.com