On Tue, Jun 12, 2007 at 07:12:47PM +0700, Rusmanto wrote:

> OOT: Anton pakai nama saya tanpa izin...hehehe canda.
>
> Btw, bisa dibuatkan tutorialnya buat infolinux?
> Agar banyak yang coba di warnet dan kantor. :)
>
> Rus

Awal saya belajar bandwidth manager selain coba pakai htbtools adalah
buku saku infolinux tentang linux server, ada bab bandwidth manager
di situ. Ilmu itu sbg batu loncatan untuk belajar ke lebih kompleks.

Di sini saya memakai policy shaper untuk internet bisa dpt downstream
maksimum 256kbps (koneksi speedy) tapi kalau untuk intranet (download
file2 dr samba server) bisa dpt downstream maksimum 15MB (Gateway
internet dan file server ada di satu mesin).

Padahal kalau tanpa bandwidth manager bisa maksimum 80-90MB (tes pakai
iperf). Saya belum bisa optimalkan script - buat script tc sendiri -
agar untuk koneksi internal bisa selebar bandwidth LAN. Ada rekan2
yg pernah berhasil ?

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,