From: "Fajar Priyanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, June 20, 2007 8:35 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] Puas Dengan Ubuntu

Pertama baca (belum sampai tahap belajar) tentang linux, yang terbaca :
- Cek perangkat keras, lihat speknya...

.. alamaaaak masak mau install software harus baca dulu buku
motherboard, leaflet periferalnya.. atau bongkar casing.

-Konfigurasi kernel, driver di kernel.. apa pula itu....

Tak tinggal ajah, kapan mau mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya.

Kemudian saya jumpa rh9, mulai terkesan dengan kemudahan instalasi
berbasis GUI, ga mikir-mikir apa itu kernel, apa itu kompilasi. Instal
aplikasi pake rpm pun mudah pula. Akhirnya mulai memakai rh9 untuk
server.

Belakangan, ada yang ngajarin gentoo.  Sekarang sudah kecanduan
gentoo.  Apa yang dulu saya hindari, ternyata kemudian jadi sering
saya lakukan. Hampir seperti moto gentoo: anda akan segera lupa bahwa
kompilasi kernel itu susah.. :D. Tapi, tanpa kenal rh9 yang mudah,
mungkin saya tidak akan pernah kenal linux.

Sudah nyoba ubuntu, kemudahan instalasinya luar biasa.  Dalam sekejap,
LAMP server sudah tersedia.  Hanya, bagi saya, ada kemudahan di satu
sisi tapi ada kesulitan di sisi yang lain.  Hal yang sangat wajar,
tidak ada hal yang sempurna sesempurnya-sempurnanya.

Jadi, bagus juga memancing minat dengan kemudahan, kemudian memberikan
jalan untuk mengatasi hal-hal yang sulit tapi bermanfaat untuk
mempermudah pekerjaan.  Milis ini sangat membantu saya. Thanks buat
semuanya.

So, sekarang masih kecanduan gentoo, dan lagi siap-siap amunisi untuk
permak sunfire v210.  BTW, kalau ada yang pengalaman install gentoo di
mesin sparc, tolong bagi dong.  Ga ada monitor, keyboard, dan cd-rom,
yang ada hanya LOM :((.

Salam

Ery