Pertama-tama saya ngucapin thank's banget atas responnya. Saya kira posting
saya ini sudah masuk keranjang sampah karena udah 1,5 bulan gak ada yg respon
sama sekali. :-( Hik..hik.. (terharu !!).

Atas petunjuk yg Mas Indra paparkan, saya coba praktekkan di Mandriva LE 2005
yg terinstal di kompie saya yg sekelas Pentium III-450 MHz. Path j2re saya
ada di /usr/java/j2re1.4.2_08 dan direktori instalasi OpenOffice.org 1.1.4
ada di /usr/lib/openoffice/.

Lalu di terminal saya ganti menjadi user root. Dan melakukan perintah:
# /usr/lib/openoffice/program/setup -n
Lalu saya pilih repair seperti petunjuk. Namun sewaktu diminta memasukkan
direktori program instalasi OpenOffice.org 1.1.4 saya kebingungan karena dulu
nginstalnya pakai CD Mandriva yg ber-rpm. Bingung karena yg diminta itu yg
jenis source-nya atau rpm. Akhirnya saya cancel... :-(

Lalu saya telusuri lagi direktori instalasi OpenOffice 1.1.4 dan saya tertarik
dengan file jvmsetup. Dengan berasumsi huruf j berarti java pada file
jvmsetup, akhirnya saya jalankan dengan perintah:
# /usr/lib/openoffice/program/jvmsetup
Dan benar, tak lama kemudian saya ditanya letak instalasi j2re saya. Dan saya
browse ke arah path j2re saya di /usr/java/j2re1.4.2_08. Langsung dikenali
dan saya klik OK.

Akhirnya j2re saya "nyambung" ke OpenOffice.org 1.1.4. Dan yang lebih
membahagiakan adalah "terpecahkannya masalah yg membuat saya penasaran sejak
1,5 tahun yang lalu". Sekali lagi, thank's banget ya Mas Indra... :-)

O ya, kenapa saya masih pake OOo 1.1.4?
Hanya penasaran aja Mas Indra. Karena saya nggak ngerti nyeting j2re ke OOo
1.1.4. Mungkin setelah puas bereksperimen di OOo 1.1.4 dengan j2re-nya nanti,
saya akan beralih ke OOo 2.x.x karena di OOo 2.x.x saya tidak menemui kendala
untuk nyeting j2re.

Hmmm, inilah salah satu manfaat mengikuti milis linux... Bisa menambah
pengetahuan di dunia linux... Setidaknya buat saya pribadi... :-)

Thank's...