On Friday 22 June 2007 19:41, rednux wrote:
> hallo all,
> saya pengen membackup semua file *.mp3 dalam bentuk .rar atau zip yang
> tersimpan dalam folder (misal) LAGU. jika secara manual saya bisa,
> hanya saja setiap waktu selalu file2 *mp3 bertambah dalam folder LAGU
> tersebut.
> yang saya ingin tanyakan, saya ingin memasukkan di crontab perintah
> setiap hari dicek jika ada perubahan, maka file2 baru harus masuk
> dalam daftar di .rar/zip adapun yang file yang sudah perna di zip/rar
> tidak usah lagi. mohon bantuannya.

Halo rednux,
Ini ada sedikit script yang bisa dipakai. Silahkan diubah2 sesuai kebutuhan:
#!/bin/bash
DIRYGMAUDIBACKUP=/home/fajar/musik/*
DIRTEMPATBACKUP=/home/fajar/backup/
if [ ! -e $DIREMPATBACKUP/backup-music.zip ]
   then
   zip $DIRTEMPATBACKUP/backup-music $DIRYGMAUDIBACKUP
else
zip -u $DIRTEMPATBACKUP/backup-music $DIRYGMAUDIBACKUP
fi

Disave sebagai file, chmod 755, kemudian masukkan ke dalam crontab dan diatur
sesuai keinginan apakah setiap 1 jam, atau jam tertentu jalan otomatis.

Untuk artikel mengenai cara menggunakan crontab bisa dilihat di artikel 'cron
teman setia admin linux':
http://linux2.arinet.org/index.php?option=com_content&task=view&id=81&Itemid=36
Semoga berguna,
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org