Hai Temans,

Akhirnya saya setelah mencoba Ubuntu Desktop, CentOS 5 dan Fedora 7,
saya nentuin Ubuntu Desktop sebagai desktop saya
Lalu saya pasang vmware dan install Windows dan CentOS.

Nah setelah mulai terbiasa, saya sedang mempelajari file
/etc/network/interfaces
Karna file ini berhubungan dengan list device network yang ada di
notebook saya, juga command ifup sama ifdown.

Terus saya open 'man interfaces'
Disana yang menarik ada sebuah keterangan tentang device mapping
mnggunakan script.

Yaitu misalnya, ketika saya di __rumah__ koneksinya menggunakan dhcp
(misalnya)
Dan ketika di __kantor__ saya menggunakan ip fixed.
Maksud saya, bagaimana bisa si script membedakan kita sedang di rumah
atau kantor secara otomatis

Saya juga sempet baca manual ifconfig, memang bisa sih diexecute dengan
command misal ifconfig eth0:home
Tapi ini tidak otomatis, jadi pertanyaannya, mungkinkah bisa otomatis?
Atau saya salah baca saja?

Nah jadi, adakah diantara linuxer yang bisa memberi contoh implementasi
yang nyata (sample script dan content /etc/network/interfaces?)
Soalnya sepertinya menggunakan script...

Makasih sebelumnya,
wawan