Pada Wed, 4 Jul 2007 10:20:52 +0800
"putu de" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> betul teman,
> saya memang pake CUPS untuk print.
> saya tidak melihat antrean mungkin seperti dugaan pak hadi.
> saya ngeprint file yang kecil, hanya saja menghabiskan kertas yang
> banyak. saya juga sudah mencoba print dengan ukuran file yang besar,
> dan memang benar kalau  antreannya kelihatan.
> hanya saja, kasusnya sama, yaitu tetap tidak bisa menghentikan printer
> ketika user menghendaki.
> mm... jika saya tidak menggunakan CUPS apa bisa ? bagaimana cara
> set-nya ? trims atas responds-nya..
>
> regards
> [...]

Coba cek beberapa point dibawah ini :
1).Apakah ada service LPD, kalau ada matikan saja (biar ga bentrok sama CUPS)
2).Restart service CUPS (untuk memastikan "hanya" CUPS yg jalan, bukan LPD)
2).Jalankan aplikasi gtklp, kalo belum ada, ya berarti download dulu sesuai
distro anda.
   (aplikasi ini untuk melihat antrian tanpa harus browsing ke localhost:631)
3).Saat print-out pastikan di gtklpq (satu paket dengan gtklp) bahwa user yg
mencetak
    adalah anda sendiri, bukan user lainnya. lalu tekan cancel (bawah paling
kiri).
    Kalo yg nge-print bukan anda ... ya memang ga bisa kecuali anda tekan
reject job
    atau stop printer sebagai root.

Sayangnya saya gunakan ink-jet, jadi ga bisa coba dot-printer macam problem
anda.
Mungkin rekan lain yg gunakan dot-printer bisa beri solusi .....
--
?8)~ KiosNet LiPI Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927