dulu pernah coba xgl di suse 10.1, ternyata beratnya setengah mati, pc dengan
RAM 512 dibuat seperti pake 486 :(
setelah berganti ke suse 10.2, (pertimbangan utamanya krn baghira tidak bikin
app gtk2 jd amburadul spt di suse10.1) ternyata ada tawaran dari beryl, yg
katanya jauh lebih bagus, (termasuk review di infolinux edisi 3/2007 )

percobaan pertama
mengikuti step by step tutorial dari infolinux, berhubung ada versi terbarunya
tentunya yg didownload yang terbaru (apalagi mas teddy -penulisnya) juga bilang
begitu jadilah yg saya download beryl-0.2.0 yang apesnya lagi masih dalam bentuk
tar.gz.
compilasi satu persatu sesuai urutan......waks dependensi hell, minta pygtk2,
minta pyrex. OK download lagi ....... lagi-lagi dependensi hell ....puyeng :(
hasil gagal ...............
coba lagi pake beryl bonus infolinux 4/2007 ....... dependensi hell dan
lagi-;agi puyeng dan akhirnya gagal.

percobaan kedua
googling hingga akhirnya nemu repo beryl untuk suse 10.2 di
http://download.opensuse.org/repositories/X11:/XGL/openSUSE_10.2/i586/
liat daftar ...........kayaknya kecil-kecil, mampu deh telkomnet saya :)
waks...........ternyata beryl-pluginnya 2,5 mbyte ...........
total kl 12 mbyte.
okelah ...... diakali pake beryl-plugin bonus infolinux 4/2007
paket rpm diinstall pake kpackage .......... khusus beryl plugin pake
chekinstall baru kpackage....
restart ..... wow .. keluar icon beryl-manager........ :)
tapi koq "select window manager" "beryl" malah kluar pesen kalo komposit manager
saya crash 2 kali dalam semenit so beryl out :(

sampe disini stress melanda, ditambah klien warnet telpon kalo zencafenya gak mo
booting :(

dengan kondisi kepala puyeng, sy datang ke klien dan otak atik zencafe yang
katanya error,........ eh ternyata hd sedang memanen "bad sector" pantesss :)
tiba-tiba muncul ide cemerlang ........... kenapa gak manfaatin bandwidth disini
64 kbps dedicated boooo. cukup mewah kalo di sokaraja.

percobaan ketiga
download semua isi dari
http://download.opensuse.org/repositories/X11:/XGL/openSUSE_10.2/i586/
tanpa kecuali.  copy ke flashdisk dan deg-degan pulang kerumah (tentunya setelah
 install dan setting ulang zencafe yang error ke hd baru)
copy isi flashdisk ke dir home sy.
bikin repo dengan createrepo ....... berhasil .... bikin repo lokal tentunya :)
daftarkan repo lokal ke source dir lewat YAST .... eh berhasil lagi (ada pesan
masalah key, but karena sy pikir gak penting, bablas aja bleh)
trus lewat YAST sy install seluruh isi repo barusan.  eh konflik ama xgl and
compiz default dari suse, otak sana atik sini, terpasanglah semua repo tadi.
trus, ikuti intruksi dari
http://en.opensuse.org/Beryl
intinya sih cuma edit xorg.conf

bagian "ServerLayout", tambahkan:
Option "AIGLX" "true"

bagian "DRI", tambahkan:
Group 0
Mode 0666

bagian "Device", tambahkan
Option      "XAANoOffscreenPixmaps" "true"
Option      "DRI"     "true"

bikin bagian section seperti di bawah
Section "Extensions"
      Option   "Composite"   "Enable"
EndSection

trus
bikin supaya beryl-manager otomatis loading pake perintah di bawah, pake user
root tentunya.

ln -s /usr/bin/beryl-manager ~/.kde/Autostart/beryl-manager
ln -s /usr/bin/beryl ~/.kde/Autostart/beryl

harap-harap cemas, sy restart,............ akhirnya desktop KDE muncul, dan icon
beryl-manager juga kelihatan di systray, but koq kaya compiz yach
decoratornya.., setengah bingung sy klik kanan icon beryl-manager, "select
windows manager" trus pilih beryl. koq aneh desktop jadi pelan banget. iseng
baca lagi trus matiin option composite pada xorg.conf, gak tahu knpa setelah
restart akhirnya desktop KDE muncul, dan icon beryl-manager juga kelihatan di
systray, but koq sekali lagi kaya compiz yach decoratornya.., setengah bingung
sy klik kanan icon beryl-manager, "select windows manager" trus pilih beryl
akhirnya keluarlah jendela kecil merah bertuliskan beryl 0.2.0 dengan efek
woobly -nya.
lega deh :)

nih sekedar catatan bug beryl di pc sy
1.  tiap restart windows manager defaultnya selalu kwin, harus dirubah ke beryl
lwt icon beryl-manager
2.  viewport 1 saja yng terpakai dgn lancar, 2,3,4 sering bikin app jd ngehang
ato responnya lama.
3.  jauh lebih ringan dibanding xgl, apalagi vista aero, but untuk surfing pake
firefox, responnya jd lambat.

selain semua kelemahan itu, beryl adalah candidat desktop terindah, sy jamin
ngalahin vista aero. it's the best window manager i've ever seen. kecuali mac
tentunya. :)
--
Best Regards,
Adnan AK

+--[ Mozilla Firefox 2.0/Thunderbird 1.5.x - SuSE 10.2 ]--+
| Disclaimer : This e-mail was scanned by clamav, and     |
| declare as CLEAN                                        |
| YM : adnan_kurniawan        public key: subkeys.pgp.net |
| IRC chat: nusakambangan                                 |
| at irc.freenode.org #suse                Linux Banyumas |