On 8/14/07, Lukman HDP <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Rekan-rekan, apakah ada yang punya ide mengenai squid high performance?
> Dalam pikiran saya adalah sebuah cluster yang terdiri dari beberapa server
> linux
> yang menjalankan proxy untuk tujuan high performance. Tapi saya kesulitan
> menemukan dokumentasi mengenai hal ini. Yang saya temukan adalah linux-ha
> (http://www.linux-ha.org/) yang berupa cluster juga tapi yang ini tujuannya
> high
> availibility bukan high performance.
>
> Mungkin rekan-rekan punya saran untuk high load cache server?

Bagaimana kalau di-benchmark?

http://old.squid-cache.org/Benchmarking/std1/
http://old.squid-cache.org/Benchmarking/

dengan alat bantu:
http://www.web-polygraph.org/

Idenya, konfigurasi sekarang diukur, lalu diubah, diukur lagi, dibandingkan.

Ide yang lebih global adalah mencari bottleneck. Apakah di link, disk,
RAM, CPU, ...
Caranya dengan mengukur utilisasi masing-masing komponen di atas,
misalnya dengan bantuan MRTG, selama dilakukan benchmark. Tentu saja
kita mesti tahu kinerja maksimal masing-masing komponen, agar tahu
mana yang mengalami bottleneck. Mungkin yg agak rumit adalah mengukur
utilisasi disk I/O dan memperoleh nilai maksimumnya.

--
andika