mungkin di linux suse nya belum di NAT sehingga ip dalam (192.168.1.x) gak bisa ke luar ( ke internet ) ----- Original Message ----- From: "Ony Martin" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Sunday, August 19, 2007 6:27 AM
Subject: [tanya-jawab] WRT54GL & LAN

Dear Linuxer,
Merdeka...!!!

Mumpung 3 hari libur, saya sempatkan belajar-belajar lagi linux utk LAN.
Rencananya saya gunakan linux (Suse 10.2) & WRT54GL sebagai akses point di
rumah saya.

Lebih jelasnya adalah:
- Linux (SUSE 10.2) : 192.168.1.2 sebagai komputer yg connect dg internet.
Saat ini sdh connect ke XL.
- WRT54GL (WIFI) : 192.168.1.1 sebagai akses point WIFI ke gadget saya yg
ada WIFI meskipun saat ini hanya ada notebook :)
Suse & WIFI saya sambungkan pake kabel.
- Notebook WIFI (NB) : 192.168.1.100 sbg user yg pake service internet
melalui wifi. IP saya pake statik dan gateway saya pake 192.168.1.2.

Saat ini saya sdh bisa ping dari NB baik ke WIFI maupun ke SUSE tapi saya
tidak bisa akses internet dg gateway SUSE saya.

Tolong, kasih pencerahannya maklum sudah lama tidak pegang linux & sekarang
mau disempatkan belajar lagi, kalau ada referensi situs untuk dibaca-baca.

Terima kasih...

Salam Merah Putih,
Ony Martin
Kalau japri ke [EMAIL PROTECTED] ya...