On Fri, Aug 24, 2007 at 04:00:17PM +0700, Eka Hendrawan wrote:
> Dear Linuxer,
>
> mo tanya nih...berapa sih sebenarnya bandwidth yg dibutuhkan untuk
> mailserver bisa berfungsi dengan lancar.
> soale gini di kantorku sudah terinstall mailserver dengan qmail ( diinstall
> dg panduan qmailrocks) jalan di fedora core 3. sedangkan bandwidth didapat
> dari langganan ADSL dg CBN 512 kbps..tetapi bila  ada email keluar dengan
> size 1 - 2 mb bandwidth jadi drop atau kalo tidak email tsb terkirimnya
> lama sekali.
>
> kira2 dimana permasalahannya ya..? apakah bandwidth tsb kurang..? atau
> [...]

512kbps itu downstream-nya pasti. Upstream-nya kemungkinan 64kbps.
Saya instal mail server di warnet dg koneksi speedy (384/64) tidak
masalah dg kualitas bandwidth. Meski kirim email besar (> 1MB), user
-user masih bisa main internet dg lancar (baca: downstream tidak
terganggu). Oya modem adsl merek DareGlobal.

Jadi ingat dg kasus yg pernah saya kirim ke milis ini, waktu itu
pakai speedy juga tapi dengan modem adsl merek ProLink. Downstream
bagus, tapi begitu ada output data besar, entah itu email atau upload
foto untuk friendster, langsung dah downstream yg semula enak di
300-an kbps jadi drop sampai di bawah 64-an kbps. Rupanya modem
adsl yg digunakan itu berpengaruh juga.

Kasus lain, setting server proxy plus mail server di sebuah
perusahaan dg koneksi wireless 64kbps (1:2), selama ini kirim
dan terima email lancar2 saja :-).

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,