Pada tanggal 24/08/07, Agus Budy Wuysang <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> --- BEG original message quote ---
> e-night wrote:
>
> mount khan hanya di deteksi sebagai folder bukan dev, ada nggak yang
> bisa mengemulasi iso image menjadi dev?
>
> --- END original message quote ---
>
> # mount -t iso9660 -o loop,ro /path/lokasi/image.iso /mount/directory
>
> Dalam dunia unix dikenal istilah "device independen" jadi everything is
> presented as a "file", entah itu real device, pipe, fifo, regular file dsb.

> [...]

bener sih pakai mount bagus tapi saya msedang mencoba mengakali
synaptic untuk scan package iso edubuntu-server addon tanpa harus di
buka atau modifikasi ke local folder seperti di nfo linux 06.

Pada tanggal 23/08/07, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> [...]
>ini buat apa jadi ya org yg menjawab semua saling berasumsi (termasuk
>saya). Makanya sebaiknya kalo bertanya itu jelaskan dulu apa yg
>sebetulnya hendak dilakukan (tujuannya mau punya virtual drive itu
>buat apa?), soal cara melakukan sesuatu itu biasanya tidak cuma satu
>jalan, seringnya jalannya itu sangat tergantung kepada tujuannya (yang
>kalo tidak dijelaskan malah membuat org pada berasumsi seperti ini).

>Semakin sedikit info yg diberikan, semakin susah org ngerti, semakin
>besar kemungkinan memberi jawaban yg lain dengan yg ditanyakan.

Sebelumnya mohon maaf kalau saya agak ambigu bertanya saya menganggap
emulasi di linux sperti win yakni memakai software tertentu.
Sebelumnya terima kasih.