On 8/26/07, muhammad panji <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> rekans,
>
> saya ingin menanyakan kenapa ketika menjalankan df -h disalah satu
> mesin saya ada perbedaan space yang agak aneh
> Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
> /dev/hdd1             294G  274G  4.7G  99% /mnt/disk1
>
> kalau ditotal 274+4.7 kan cuma 278.7Gb, sisa 15.3Gb nya kemana ya?
> drive ini ada di secondary slave (secondary masternya CDRW). apa harus
> di primary?
> terima kasih banyak sebelumnya
> rgds,
tambahan ternyata harddisk utamanya juga mengalami keanehan serupa (baru ngeh)
/dev/hda5             285G  266G  4.2G  99% /var

sekedar cerita, dulu saya pernah ngopi CPAN lewat network(dari komp
lain) ke hd pertama , yang ukurannya cuma 3 Gb-an bisa jadi 30Gb. jadi
spacenya berkurang drastis, setelah saya hapus CPAN nya kembali normal
rgds,

--
Panji
http://sumodirjo.blogspot.com