Pada Tue, 28 Aug 2007 11:25:19 +0700
Technocrook <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> imho, yang perlu diperhatikan untuk membuka port yang terkait nfs
> 1. portmapper menggunakan port 111 baik tcp maupun udp
> 2. nfs server port 2049 tcp udp
> 3. rpc.lockd
> 4. rpc.statd
> 5. rpc.mountd
>
> untuk no 3 - 5 ini portnya yang ber-ubah2, bisa di cek lewat command
> rpcinfo -p
>
> caranya
> pastikan daemon no 3 - 5 kita bind pada port tertentu
> misal
> # rpc.statd -p 32765 -o 32766
> # rpc.mountd -p 32767

> [...]

Cuman nambahin masukan aja.

Kalo NFS buat LAN (jaringan dalam & gak diekpos keluar) kan gak
kena Firewall. Mustinya Firewall hanya berlaku untuk jaringan luar
(alias Internet).

Lha kalo tiap mesin di dalam LAN dipasangi Firewall, kan jadi ruwet
sendiri ngatur-nya, jamin sampe mumet 70x. Kalo saya sih biasanya
cuman pasang di gateway/router aja (yg langsung nyambung Internet).
Jadi mesin di dalam LAN asyik aja pake service NFS-nya.

CMIIW
--
|=> Hmm .. Upgrade to Slacky Twelve
 KiosNet LiPI Comal-Pemalang ?8)