Dear Mas Mas semua,

Mohon petunjuk dong, saya bikin fileserver menggunakan samba, dan winbind
untuk koneksi ke domain control, saat ini samba sudah terkonfigurasi dan
winbind sudah bisa di pergunakan untuk join ke domain control.

Wbinfo -u dan wbinfo -g menampilkan user dan groups dengan baik, demikian
juga dengan net ads info, sudah memberikan info bahwa system dan samba
sudah terhubung ke domain control.

Kemudian saya coba akses samba tersebut, seperti biasa, tampil user auth,
saya masukkan usernya : DOMAIN\user dan password sudah dapat masuk hingga
sambanya, dan menampilkan beberapa folder share nya.

Kendala muncul pada saat saya mau akses salah satu folder, dengan
konfigurasi smb.conf nya

[fileserver]

path = /home/fileserver

valid users = @DOMAIN\Administrator

writeable = yes

read only = no

di /home/ nya

drwxr-xr-x  2 root    root    4.0K Aug 29 07:06 fileserver

sewaktu akses itu fileserver dengan menggunakan user: DOMAIN\Administrator
dan password untuk administrator tersebut, keluar You don't have
permission to use this network resource

kan seharusnya dengan menggunakan perintah getent passwd dan getent group,
user dan group yang ada di DOMAIN control akan terkopi ke /etc/passwd dan
/etc/group

untuk melakukan seting permission di tiap tiap folder yang akan di share.
Jadi permission /home/fileserver ndak lagi root.root melainkan
domain\administrator

tetapi kenapa ya, pada saat saya melakukan perintah getent passwd dan
getent group, user dan group tersebut tidak terkopi ke /etc/passwd dan
/etc/group ??

lalu gimana ya setingan di smb.conf untuk memberikan akses user dan group
di DOMAIN tersebut??

Sepertinya kok ada yg kurang di konfigurasi smb.conf saya ini

[fileserver]

path = /home/fileserver

valid users = @DOMAIN\Administrator

writeable = yes

read only = no

ada yang bisa memberikan pencerahan ?? agar user user domain tersebut bisa
read, write atau read/write di folder /home/fileserver tersebut ??

sebelumnya terima Kasih

Regards

~:artho:~