dear,

assalamualaikum, terima kasih banyak buat om tony yang udah saya gangguin
waktu sahurnya dan dibayarin koneksi diwarnet waktu ngasih unjuk cara buat
router di KUbuntu 7.0 Alternate tapi sayang ngga berhasil diantaranya adalah

1. Waktu masquerading nya direstart kok tetep mate yah kudu di masukin lagi
command nya di console. trus kalo sebelum router ini ada microtik dan
firewall diatas router kubuntu yang saya buat ini apakah mempengaruhi
koneksi / settingan router hingga ip tables nya ngga ngefek apa lagi
wireless nya kayak ngga guna sama sekali..

2. Masquerading eth1 = adsl, eth0 = wireless, scriptnya :

     iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth1 -j MASQUERADE  << diketik di
konsole dan di tulis rc.local
     iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth2 -j MASQUERADE

kok client cuma konek melalui masquerade yang selalu ditaruh, di execute
pertama yah di consol kalo eth1 diduluin pasti eth1 (wireless) yang jadi
default gateway, kalo eth2 yang di duluin pasti eth2 (adsl) yang jadi
default gateway

3. Walaupun sudah dipasangi script di rc.local kok masih aja yah ngga ngefek
pembagian koneksi antara ip lokal dari apnic, isi
    isi script dari rc.local nya seperti ini

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

# Routing YM subnet block ke adsl
# route add -net 216.155.192.0/20 gw 172.16.35.252
# Routing POP3 GSD
# route add -host 202.78.200.9 gw 172.16.35.252

ip route flush cache
ip route add default via ip_wireless table link_wireless
ip route add default via ip_adsl table adsl

# IIX Only
for i in `cat /etc/delegated-apnic-latest.bersih` ; do
route add -net $i gw ip_wireless
done

iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth_wireless -j MASQUERADE
iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth_adsl -j MASQUERADE

ip route change default scope global nexthop via ip_wireless dev
eth_wireless weight 3 nexthop via ip_adsl dev eth_adsl weight 3

exit 0

===================================

4: saya ambil delegated apnic nya dari
http://ftp.apnic.net/stats/apnic/delegated-apnic-latest dengan script
pembersihannya adalah seperti

for i in `cat delegated-apnic-latest | grep "ID|ipv4" | cut -d'|' -f4,5` ;
do a=`echo $i | cut -d"|" -f1` ; b=$[`echo $i | cut -d"|" -f2`-1] ; perl -e
"use Net::IP; \$ip = new Net::IP ('$a + $b'); print (\$ip->ip().' netmask
'.\$ip->mask());" ; echo ; done

hasilnya kira2 seperti ini

202.64.0.0 netmask 255.255.0.0
203.54.0.0 netmask 255.255.0.0

sukses ngga tuh kalo kayak gitu??

oh om kalo bisa dikirimi yang udah bersih donk

====================================

5. kemaren aku ambil REPO download di tempat temen yang lagi dibangun
routernya ini wuuihhh nguacirrr koneksi lokalnya beban 3 giga cuma sekitar 3
jam dari hhtp://tuma.vlsm.org kalo ngga salah trus.... apa bener yah total
nya repo ubuntu alternate 7.0 tuh sekitar 4 giga an ?

=====================================

6. sebagai bahan tambahan mengenai routing, di dalam
/etc/iproutes2/rt_tables ditambahkan
200 link_wireless
201 adsl

mohon donk para master ... ngga bosen2nya saya meminta petunjuknya dah 2
hari ini saya belum tidur... kemaren siang bolong puasa2 langsung meluncur
kerumah om tony ... kopdarannya sangat buru2 ... tapi untungnya rumah om
tony deket warnet temen jadi lumayanlah 1 jam meremin mata.... semua demi
kepuasan bathin ... hiks agar sukses mar keses dan menunjukan pada microsoft
mainded bahwa kubuntu kesayanganku sanggup melakukan hal lebih dari
kemampuan tak terduganya...sekarang saya kesel.. sedih.. kecewa... sebagai
bahan penghibur hati saya pake guidedog ajah dech.. lumayan bisa share
koneksi tapi ngga bisa diapa2in rese... sekali lagi saya mohon kerendahan
hatinya untuk membantu memecahkan persoalan ini.. thanks bro,