> Nmap finished: 1 IP address (1 host up) scanned in 0.173 seconds
> [EMAIL PROTECTED]:~$

> pertanyaan :
> 1. kenapa tidak mau konek dengan phppgadmin ? kalo masalah dengan port 5432
>     bagaimana cara aktifin port 5432:tcp nya ?
Caranya edit file postgresql.conf yang terdapat didirektory datanya.
masih inget perintah: $initdb --locale=C -D data, khan?

disitu ada satu switch yang masih disable, yaitu: listen_addresses dan
port. silakan dicoba, cara reload kalau sudah edit file
postgresql.conf bisa pakai:

$ /usr/local/bin/pg_ctl -D data reload

> 2. aku juga coba pake pgaccess kalo mau dikonek localhost, user postgres,
>     muncul tulisan
>     ERROR TRYING TO CONECT DATABASE bla-bla bla bla
>     could not connect to server : connection refused is the server running on
> host "localhost and accepting on port 5432 ?

masalah yang sama dengan point 1 diatas.

> 3 aku coba pake pgadmin III muncul error yang sama dengan no 2

ini juga.. silakan dicoba dulu....

> 4. mohon bantuannya SOS aku dah mau putus asa nih........

Jangan putus asa, sebab kalau putus asa ntar jadinya malas belajar
lagi, kalau tidak putus asa mau terus mencoba, ntar akhirnya jadi
expert juga... hehehe....

Jul.