On Tue, Nov 06, 2007 at 08:22:04AM +0700, Popo wrote:
> dear milis :)
> kalau modem adsl yang diberi ma telkom, kira2 bagus nggak ya ? jika
> dibanding dengan d-link dsl 502T ? bagaimana juga dengan kompatible nya
> dengan linux (ubuntu) ? feature2 nya bagaimana ? mohon sharingnya, untuk
> memutuskan membeli modem d-link atau memakai modem yang dari telkom. :)
> terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Sepanjang yg saya tahu, telkom memberikan modem adsl untuk pelanggan
speedy, beberapa merek yg saya kenal:

1. DareGlobal
   Konfigurasi mudah. Mau dijadikan router atau bridge gampang.
   Ketahanan, sudah dua modem jenis ini drop setelah mengemban
   tugas 1 tahun,

2. Aztech
   Konfigurasi agak susah. Mau berfungsi sebagai router/bridge
   gampang. Ketahanan belum tahu, tapi belum sampai satu tahun
   koneksinya suka putus2. Padahal line adsl is ok terbukti
   dites pakai modem prolink langsung up internetnya di bawah
   1 menit.

3. Linksys/Billion
   Konfigurasi agak susah. Mau berfungsi sebagai router/bridge
   gampang. Ketahanan belum tahu.

4. Prolink
   Konfigurasi agak susah untuk membuat account pppoe (modem
   diset sebagai router). Untuk tipe H9200, konfigurasi sbg
   bridge paling susah, tapi jika berhasil disetup sebagai
   bridge, downstreamnya tertinggi di antara yg lain.
   Pengamatan saya melihat MRTG/iftop, trafik maksimum yg pernah
   diperoleh di device ppp0 adalah 350kbps yg lain paling
   tinggi di kisaran 330-340kbps.

Khusus modem dareglobal dan aztech bisa diatur dual mode,
jika account pppoe dibuat salah bisa difungsikan sebagai
bridge.

Terakhir, amati juga saat kirim data besar (upload) apakah
trafik downstream terganggu ? Saya tahu modem adsl prolink
juga, yg saya pakai sekarang, jika kirim data besar, otomatis
speed downstream anjlok sampai di bawah 64kbps dari semula
300-an kbps.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,