ada dua kemungkinan..
1. ganti dulu koneksinya biar kerenan dikit . (misal-nya pske speedy)... pasang proxy... setting user untuk bisa ambil langsung email ke provider-nya. 2. buat email server sendiri .. setting si email server supaya bisa ambil ke provider.. dan si user tinggal ambil email dari email server lokal.

----- Original Message ----- From: "higaras" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, November 09, 2007 9:32 PM
Subject: [tanya-jawab] mail server

Dear linux'ers

mohon bantuan dari bapak2 pakar linux di milis ini.
dikantor saya selama ini ambil email dari isp pake koneksi dial up di satu
komputer, sementara karyawan yg punya email account ada 10 org, jadi klo mau
baca email harus pake 1 komputer tsb secara bergantian.

Saya punya rencana membuat mail server, skenarionya mail server ambil/kirim email dari/ke ISP dan mengirimkan email tsb ke 10 org yg punya mail account
di komputernya masing masing.

Saya sdh coba cari2 artikel di google, tp masih bingung.
Saya sdh install postfix+fetchmail+procmail.
yang mau saya tanyakan, bagaimana seharusnya konfigurasi main.cf, file
fetchmailrc di letakkan dimana? dan gimana konfigurasi procmail.
Mail account user ditempat saya pake  yahoo.co.id

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

higaras