Salam Linux,

Mengenai Ubuntu yg slow, saya pernah mengalami itu. Pada suatu
hari, tiba-tiba saja hardisk kok terus bekerja padahal tidak ada
aplikasi yang dijalankan. Hal ini menyebabkan ubuntu menjadi slow. Saya
jadi gak tega ngeliat hardisk saya bekerja keras seperti itu.

Akhirnya saya cek-cek, saya menduga , ada beberapa aplikasi add-on
mozilla yang saya install, yang diduga menjadi penyebab kejadian itu.
Akhirnya beberapa add-on aplikasi saya disable dan hingga kini berjalan
normal. Sampai sekarang saya belum tahu, aplikasi mana saja yang menjadi
penyebabnya. Belum mengadakan penyelidikan lebih jauh, karena kerjaan
menyita waktu.

Intinya, mungkin ada beberapa aplikasi yang tidak compatibel, entah
dengan bagian yg mana dari komputer kita.

Makasih
-arso-