Hello horas,

> Terimakasih supportnya Pak Nyoman,

> Yang memblok Paket udp di firewall mereka ya Pak Nyoman?

> Thank's 'n regards

> Horasima SML.

gak ada hubungan dengan permasalahan bapak, tadinya saya berpikir
mungkin koneksi ke mailserver tujuan bermasalah, makanya saya lakukan
traceroute, dan hasilnya banyak bintang (saya mengambil kesimpulan
kalau link ke sana bermasalah, ini ternyata salah)

beberapa saat kemudian saya menduga jangan2 bintang2 di atas
disebabkan karena firewall ternyata benar, hal ini terbukti dengan
hasil tcptraceoute yang saya lakukan.

kenapa ini tidak ada hubungan dengan permasalahan bapak?
karena pengiriman email menggunakan protocol tcp bukan udp

Mudah2an ini dapat memberi pencerahan,

Nyoman.