Halo...

Saya install SuSE 10.2 pakai monitor ViewSonic E70f+ 17". Berjalan
lancar dari awal sampai akhir (selesai), tidak ada masalah. Sekarang
monitornya rusak dan sementar diganti dengan monitor yang lebih kecil
ViewSonic E50c 15".

Sekarang ada masalah, pada saat startup, tampilan di layar monitor
blank. Ada muncul di layar monitor "HV sync over range". Tapi
sesampainya di GDM gak masalah. Ada muncul gambarnya, masukan username
dan password, terus sampai ke X windows. Jadi cuman waktu starting
services-nya saja yang gak kelihatan/tampil di monitor.

Kemudian ada juga masalah yang kedua. Sesampainya masuk di environment
X, saya mau pakai console ctrl+F2, monitor langsung blank. Muncul
pesan yang sama dari monitor ("HV sync over range"). Saya tekan
Ctrl+F7 supaya tampilan kembali ke X, ternyata gak bisa. Tampilan
layar malah ikut jadi blank dengan pesan error yang lagi-lagi sama.
Mau gak mau terpaksa restart kompie.

Saya sudah lakukan menurunkan frekwensi horizontal dan vertikal sesuai
dengan spec monitor juga screen resolution dari Yast sewaktu ada di X
environment. Kemudian simpan konfigurasi lalu restart. Tapi hasilnya
tetap saja. Starting service gak kelihatan, tapi GDM dan X bisa, juga
gak bisa console pakai ctrl+F2.

Mohon bantuan apa yang mesti dilakukan. Terima kasih.