On Wed, Feb 27, 2008 at 09:58:49AM +0700, Fajar Priyanto wrote:
> Apakah hal performance ini juga yang menjadi alasan mengapa sebagian distro
> linux tidak menghidupkan feature bw management seperti htb dan cbq secara
> DEFAULT di kernel?

waduh saya cuma ngerti ubuntu/debian dan ydl :-) pernah pakai redhat
atau fedora tapi tidak kepikiran untuk masalah network.

setahu saya, conntrack, packet scheduler ini compiled as module.
tinggal jalankan userspace application yang terkait, otomatis
module diload.

ini menjelaskan mengapa kalau setelah beberapa waktu pakai distro
default lancar jd router, tapi tiba-tiba jadi lambat atau ada packet
yang didrop, gara-gara ada yang tidak sengaja menjalankan:

        iptables -t nat ...

yang mana itu membuat module conntrack otomatis diload :-)

saya terakhir install debian etch, begitu jalankan tc, langsung
module terkait secara otomatis diload oleh kernel.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja