----- Original Message ----- From: "Onno W. Purbo" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, April 02, 2008 11:09 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] Help Info : card raid sata-linux ready

saya belum ngetest sampe abis-abisan sih ..
tapi kerasa banget koq pake RAID
kebetulan kemarin pake SATA 3 biji 250Gbyte pinjeman hehehe
di RAID 0 kerasa naik kecepatan akses-nya
langsung jadi 2x lipat .. di test pake hdparm -t & hdparm -T

Kalau kata teori-nya sih mending hardware RAID
cuma kenyataan gak gampang linux ngedetect hardware RAID
akhirnya saya pake software RAID aja
& ternyata aman-aman aja sih
sekarang sih saya lagi gak pake RAID
lagi mainan Xeon Quad aja ..

Saya lagi nulis buku-nya sebenernya
harusnya bisa selesai / terbit gak lama lagi..

Tq untuk sharingnya pak Onno, mungkin saya akan experimen dulu dengan RAID software (toh harddisknya bisa digunakan).Harapan saya sih bisa dipakai dalam situasi produksi sebenarnya, dari sisi kestabilan dan performance.

Saut