2008/4/10 Ihsan Wahyu Juardi <[EMAIL PROTECTED]>:
>  saya menemukukan di server samba saya, ada beberapa
>  file yang di-create oleh user mempunyai atribut file
>  seperti ini : -rwsrws---+ namauser group nama_file,
>  nah yang saya bingung, kok ada tanda + di atribut
>  filenya ? dan file ini tidak bisa dibuka dan tidak
>  bisa dikopi oleh anggota group yang sama.
>
>  sudah saya chmod menjadi 770, tanda + ini masih belom
>  ilang. Bagaimana caranya ya supaya ini file bisa
>  normal kembali ? dalam arti atribut file menjadi
>  -rwsrws--- dan dupaya ini file bisa dibuka dan dikopi
>  oleh group yang sama.

Saya lagi gak ada akses ke mesin linux yg filesystemnya mounted dg
option acl on, jadi gak bisa confirm. Tapi kemungkinan besar "+" di ls
itu artinya ada extended security information. Di Mac OS X yg saya
pake skrg begitu, dan di mac bisa dilihat pake option -e dari ls (di
linux gak ada). Kalo memang benar itu acl, maka anda bisa lihat
informasi aclnya dengan getfacl (install dulu kalo belum ada, kalo di
debian/ubuntu pake sudo apt-get install acl).

Ronny