On Tuesday 15 April 2008 11:41:37 Yanny Berliana Simamora wrote:
> Spesifikasi hardware minimum untuk thin client dan server, seperti :
>
> Kalau bisa lebih spesifik informasinya...

Sebenarnya sih, spesifikasi itu suka suka.
Aku pernah menggunakan pentium III 500 MHz dengan RAM 512 MB melayani 5 client
kelas 486 dengan RAM rata rata 32 MB.

Pernah juga menggunakan Pentium IV dengan RAM 1 GB untuk 10 client Pentium 1.

Pernah juga Pentium 4 2.4 GHz dengan RAM 512 MB untuk 3 client kelas Pentium
III - Pentium IV.

Semuanya jalan.
Tentu saja, makin tinggi spesifikasi, jalannya makin lancar.
Tidak ada angka fix untuk spesifikasi minimum.
Yang ada adalah batasan budget, hehehe....

RAM server makin besar makin baik. Kalau swapping, maka performa akan turun.
Processor juga begitu.

RAM Client kalau kekecilan, maka si client juga akan swapping.
Sialnya, karena dia tidak punya harddisk, maka dia akan swapping di server,
yang akibatnya lambatnya bukan main.

VGA card di client menentukan kecepatan, resolusi dan jumlah warna yang bisa
ditampilkan.

Processor client menentukan seberapa responsif dia merespons gerakan keyboard
dan mouse kita.

Nah, kembali ke pertanyaan soal spesifikasi minimum....
Mending aku jawab, spesifikasi yang "optimal".
Kemaren aku pake spek seperti itu karena itu yang ada dan harganya wajar.
Untuk server, aku cari komputer yang harganya naik masih agak wajar
dibandingkan kenaikan performa, dan untuk client aku cari komputer
refurbished yang harganya wajar.

Sekarang coba cek spesifikasi yang wajar untuk saat sekarang.

Kalau cukup duit, Xeon quad-core harganya sudah masuk akal untuk dijadikan
server.
Kalau ketinggian, ya balik ke Pentium IV 3 GHz juga gak apa apa.
RAM juga sudah cukup murah. Beli RAM 4 GB untuk server sekarang sudah wajar.

Untuk client, kelihatannya sekarang yang pas itu Pentium III
bekas/refurbished.

Selamat berburu hardware.

--
Salam,

Adi Nugroho - http://adi.internux.co.id/
iNterNUX --- http://www.internux.net.id/
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535 GSM:+62-816-27-9193