2008/4/21 Nonong <[EMAIL PROTECTED]>:
>  Saya pingin nambah server MySQL saya yang ber-hdd 18 GB dengan HDD 150 GB.
> Rencana sekalian dijadikan FTP server shg hddp 18 GB sudah tidak memenuhi
> syarat lagi. Tetapi di sisi lain saya tidak pingin install ulang.
>
>  Gimana caranya agar hdd barus langsung kebaca dengan seluruh kapasitas
> digunakan sebagai direktori /home dan di hdd yg pertama /home-nya dihilangi.
>
>  Info tambahan: saya pakai ubuntu 7.10 server

Buat jadwal kapan mau maintenance dulu, karena sangat disarankan ini
dikerjakan secara offline (tidak ada service yg jalan).

Seperti biasa, jangan kerjakan perubahan2 seperti ini tanpa memiliki
backup, daripada ntar nangis2.

Setelah hd yg baru dipasang, lalu boot ke single user mode (ini
PENTING dan HARUS), lalu atur partisinya (misalnya pake fdisk), dan
buat filesystemnya (misalnya ext3) di hd yg baru tersebut. Kemudian
mount filesystem yg baru itu di mount point sementara (misalnya
/mnt/tmp). Setelah itu copy/pindahkan isi /home ke /mnt/tmp tersebut
(jangan lupa perhatikan permission, ownership dan special files juga
sewaktu mengcopy/move, saran saya copy pake rsync dengan option2 yg
benar, jgn langsung dimove). Setelah itu buat entry di /etc/fstab
untuk mount filesystem baru tersebut ke /home. Setelah itu masuk ke
multiuser mode lagi (misalnya dengan init 3) atau paling gampang
reboot aja. Pastikan bahwa /home yg dimount itu sudah dari filesystem
yg baru dengan cara mengecek 'mount'. Kalo semua udah ok, isi /home yg
lama bisa dihapus (kalo mau aja, ini tidak harus), dengan cara masuk
ke single user mode lagi, trus unmount /home, trus hapus /home yg
lama, trus reboot.

Ronny