2008/5/15 my mail <[EMAIL PROTECTED]>:
> klo abis direstart ato baru dinyalain trus klik menu System --> Quit kok lama
> bener yak muncul nya?
> pake Ubuntu 8.04, dah gitu yang muncul menu di window Quit nya ga lengkap,
> cuma ada Log Out, Lock Screen, Switch User, Restart, Shutdown
>
> klo udah muncul trus di cancel abis tu di klik lagi menu System --> Quit maka
> muncul menu nya cepat ga pake lama, dan menu yang muncul lengkap Log Out,
> Lock Screen, Switch User, Suspend, Hibernate, Restart, Shutdown
>
> tapi kenapa yang pertama itu lama bener ya?????

Guesstimate saya: karena menunya itu dibuild secara dynamic, dan menu
itemsnya biasanya berupa file2 *.desktop, lalu setelah selesai dibuild
kemudian dicache di memory, makanya cepet. Setelah itu pun, masih
harus ngeload iconsnya yg kecil2 itu, nantinya dicache juga di memory.
Pertama kali ngeload kan cachenya masih kosong makanya lama.

Kemungkinan lain, komponen yg membuat dan menghandle menu itu jadi
satu dengan yg mengatur applet2 kecil, lalu ada satu atau lebih
applet2 ini yg loadingnya lama atau blocking, jadi mesti nunggu sampe
selesai baru prosesnya bisa lanjut. Kalo yg ini sih bisa dites dg
mudah. Setelah desktop selesai loading, jangan langsung pencet menu
dulu. Tunggu aja dulu sampe semua applet2nya nyala dan bekerja.
Sesudah itu baru pencet menunya. Kalo masih lama, ya berarti
kemungkinan ini bisa dikesampingkan.

Sekali lagi, ini semua cuma dugaan saya aja, belum tentu benar. Dan
juga untuk KDE mungkin lain dengan GNOME prosesnya, saya cuma biasa
pake GNOME aja.

Ronny