2008/6/4 ronal salampessy <[EMAIL PROTECTED]>:
> utk bisa transparant proxy apakah settingan dns di client harus ip dari
> isp...?
> squid saya bisa transparant proxy tp di client dns nya harus ip dns isp.

Tidak harus dari ISP. Yg penting bisa resolve ke internet aja. Dan
punya akses untuk menggunakan DNS server tersebut tentunya.

Anda bisa juga setup recursing/forwarder/caching DNS server untuk
keperluan internal ini. Jadi cuma melayani requests dari LAN anda dan
semuanya diteruskan ke DNS server ISP atau langsung diresolve sendiri.
Kemudian setting DNS resolver di clientsnya bisa otomatis dibagikan
lewat DHCP atau diset manually.

Ronny