memakai linux hanya untuk menghindari razia licensi????

sungguh-sungguh sangat tidak bijak.....:-(

iRvan.

----- Original Message ----- From: "sutrisno kencana" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, July 08, 2008 5:20 PM
Subject: [tanya-jawab] install and configuring server

halo semua...

ada yang bisa sharing pengalaman dan ilmunya dalam linux?terutama
dalam instalasi dan konfigurasi server untuk jaringan.

saat ini, saya masih bingung mau pakai fedora atau opensuse karena
saya tidak menemukan alasan dan informasi yang secara pasti menjawab
kapan harus pakai fedora dan kapan pakai opensuse. tapi yang pasti,
teman-teman saya banyak menyebutkan 2 distribusi itu.

saya berencana mau memasang internet memakai telkomspeedy dengan
alokasi 4 lantai dibagi ke 3 line secara adil, dalam arti setiap orang
mendapatkan maxsimal (misalnya)150KB
jumlah user per lantai bisa tidak sama, ada yang perlantainya 7 orang,
ada pula yang 15 orang. diharapkan dengan setting seperti itu setiap
user mau ngapain aja bebas, tapi tidak mengambil jatah maksimal orang
lain.

untuk servernya saya mau memakai linux saja, agar aman dari razia lisensi.

kalo diwindows, beberapa orang sharing internet dengan 1 line yang
saya tahu hanya cukup memakai ICS dan memakai 1 PC sebagai server.
tapi under linux, saya benar2x buta....

ada yang punya pengalaman dalam hal ini? ohya, modalnya hanya hub dan
1 server. disetiap lantai sudah ada masing-masing 1 hub.tapi saat ini
hanya jadi LAN.
saya berencana mau memakai IP statik untuk masing-masing PC yang
terkonek nanti dengan memakai userid untuk login.. client-client nya
memakai windows XP semua....
dan untuk konek ke internet mereka terkonek ke 1 IP server proxy saja...

Mohon pencerahannya apa saja yang harus saya lakukan dan apa yang
harus saya setting... jika ada saran dan solusi lain, silahkan
saja...saya akan menampun semua tanggapan dari milis ini.

terima kasih sebelumnya....

trisno