http://www.vavai.com/blog/index.php?/archives/780-Upgrade-openSUSE-10.3-ke-11.0-pada-Sistem-yang-sedang-Berjalan.html

Cara termudah melakukan upgrade openSUSE 10.3 menjadi 11.0 adalah
menggunakan DVD instalasi openSUSE 11.0. Boot menggunakan DVD
instalasi dan pada saat pilihan tipe instalasi, pilihlah pilihan
upgrade, bukan new install.

Meski pilihan diatas adalah pilihan terbaik, namun ada kalanya kita
tetap butuh pilihan upgrade pada sistem yang sedang berjalan. Pilihan
ini terlihat lebih sulit karena sistem sedang berfungsi, namun
pengalaman saya, prosesnya relatif mudah dan cepat.

Proses upgrade sebenarnya tidak mutlak diperlukan. Jika sistem sedang
berjalan dengan baik, mengapa harus melakukan upgrade. Sebaiknya
pilihan upgrade dilaksanakan jika kita ingin menggunakan seluruh
feature terbaru dari openSUSE 11.0, misalnya deteksi hardware yang
lebih baik, package management yang lebih cepat, software yang lebih
baru dan kemudahan konfigurasi efek desktop 3 dimensi.

Proses Upgrade :

   1. Backup-Backup-Backup. Backup data penting meski proses upgrade
SEMESTINYA tidak akan menghapus dan mengutak-atik data
   2. Upgrade RPM ke versi RPM openSUSE 11.0
   3. Install paket administrasi (zypper misalnya) openSUSE 11
   4. Upgrade semua paket

Tahapan :

Tahapan berikut adalah proses yang saya lakukan menggunakan DVD Repo
openSUSE 11.0 yang saya simpan di harddisk lokal / jaringan. Bisa saja
dilakukan secara online dengan menggunakan repositori online.

    - Non aktif semua repositori yang digunakan untuk openSUSE 10.3

      mv /etc/zypp/repos.d /etc/zypp/repos.d.old

    - Hapus cache repositori lama

      rm /var/cache/zypp/zypp.db

    - Tambahkan repositori utama openSUSE (Saya menggunakan repo
lokal. Sesuaikan dengan repo masing-masing. Jika menggunakan repo
online     bisa menggunakan perintah ini : zypper ar
http://dl2.foss-id.web.id/opensuse/distribution/11.0/repo/oss/ oss)

      zypper ar http://localhost/distribution/11.0/repo/oss oss

# Install paket RPM untuk openSUSE 11.0.

Untuk 64bit :

rpm -Uvh
'http://localhost/distribution/11.0/repo/oss/suse/x86_64/rpm-4.4.2-199.1.x86_64.rpm'

Untuk 32 bit :

rpm -Uvh
'http://localhost/distribution/11.0/repo/oss/suse/i586/rpm-4.4.2-199.1.i586.rpm'

    - Install manajemen paket openSUSE 11.0

zypper in zypper

    - Tambahkan repo yang dibutuhkan (misalnya non-oss dan packman)
Jika memang sebelumnya menggunakan repo tersebut. Menambahkan repo
online non-oss : zypper ar
http://dl2.foss-id.web.id/opensuse/distribution/11.0/repo/non-oss/
non-oss, Menambahkan repo online packman :  zypper ar
http://dl2.foss-id.web.id/opensuse-packman/11.0/ packman)

      zypper ar http://localhost/distribution/11.0/repo/non-oss non-oss
      zypper ar http://localhost/packman/suse/11.0/ packman

    - Upgrade semua paket. Tahap ini akan memberikan konfirmasi
beberapa paket yang dihapus karena obsolote atau konflik.

      zypper ref
      zypper dup

   - Restart komputer

Post Upgrade :

Beberapa tips jika mengalami masalah setelah upgrade :

    - Networkmanager kurang stabil karena menggunakan dhcp :mv
./dhclient.conf.rpmnew ./dhclient.conf
    - openSUSE updater tidak dapat menggunakan konfigurasi repo :mv
/etc/zypp/zypp.conf.rpmnew /etc/zypp/zypp.conf
    - Menggunakan repositori komunitas untuk openSUSE 11.0sed -ie
's/openSUSE_103_Servers/openSUSE_110_Servers/' /etc/YaST2/control.xml

Saya sukses melakukan upgrade dalam waktu sekitar 30 menit. Tentu saja
hal ini tergantung pada paket-paket yang diinstall dan lokasi
repositori yang digunakan.

Disclaimer :

Panduan diatas berdasarkan pengalaman pribadi. Lakukan backup
file-file penting anda sebelum melakukan upgrade.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID) : http://www.vavai.com/blog/index.php