Ternyata setelah investigasi, LDAP-nya belum di index berdasarkan yg
saya query. Setelah di index, turun drastis. Kebetulan yang megang
ldap-servernya bukan saya. Jadi saya cuma bisa men-optimize di sisi
mailserver sama imap-servernya.

Dan ternyata di imap-nya sendiri belum ada opsi untuk men-cache hasil
query. Terimakasih juga buat mas lutfhi tentang 'nscd'nya..