2008/8/6 Achmad Mardiansyah <[EMAIL PROTECTED]>:
> hello semua,
>
> mo nanya lagi,
> saya punya server linux (nama servernya: merkuri) yang punya 2 interface:
> interface1 langsung berhubungan dgn internet, punya 1 IP publik (misal:
> 202.134.1.39).
> interface2 berhubungan dengan network internal.
> merkuri ini dipasang webservice dan digunakan untuk hosting dari beberapa
> domain.
>
> di network internal ada server bernama venus, didalamnya terdapat service:
> web, ftp, ssh, mail.
> [...]

bila servis tersebut *hanya* dilayani oleh venus, yang berarti port
servis tersebut
belum dipakai oleh mercuri, silahkan pakai DNAT

http://www.linuxtopia.org/Linux_Firewall_iptables/x4013.html

khusus untuk http, pakai squid dengan mode reverse proxy
http://www.visolve.com/squid/whitepapers/reverseproxy.php#Configuring_Squid_as_Reverse_Proxy_for

--
andika