dh MySqler,

Aku install Slackware di dua kompi, kmd aku buka "keperawanan"
masing-masing MySql nya dengan perintah mysql_install_db.
hanya bedanya, seingat aku begini:
di kompi 1 jalanin perintah mysql_install_db dengan user root
di kompi 2 jalaninnya masuk dulu ke su - mysql, kmd baru mysql_install_db
Nah akhirnya, setiap mau buka database MySql
di kompi 1 aku bisa buka MySql baik di root maupun user yang laen.
di kompi 2 aku bisa buka MySql hanya di user mysql, di user root pun tidak bisa
                dg cara masuk dulu sbg mysql [#su - mysql]

Pertanyaannya:
1. Bagaimana agar di kompi 1 hanya bisa user mysql saja yang bisa buka
2. Bagaimana agar di kompi 2 semua user bisa buka mysql
3. Bagaimana mengembalikan keperawanan MySql di Slackware
<3 pertanyaan diatas mirip-mirip sih, mungkin jawabannya sama>
4. Apakah password default login mysql di Slackware, karena kalau aku lewat
    su mysql, tidak pernah nanyain password. Tapi kalau di console masuk
    dengan user login-name mysql selalu nanyain password, trus
password defaultnya
    apa ya ?
Thanks.