Donny Kurnia wrote:

> Di ubuntu 8.04 saya pake modem Sierra Wireless AirCard 875. Begitu
> ditancapkan langsung terdeteksi sebagai /dev/ttyUSB0, /dev/ttyUSB1 dan
> /dev/ttyUSB2.
> Berikut konfigurasi yang saya gunakan untuk koneksi Flash Unlimited
>
> $ cat /etc/chatscripts/flashinternet
> ABORT         BUSY
> ABORT         VOICE
> ABORT         "NO CARRIER"
> ABORT         "NO DIALTONE"
> ABORT         "NO DIAL TONE"
> ABORT         "NO ANSWER"
> ABORT         DELAYED
> ""            ATZ
> [...]
Coba tanya ke hati nurani yang paling dalam ^_^
Di Windows XP kudu install driver? Lebih mudah install driver kalee
daripada harus edit-edit konfigurasi seperti itu. Kenapa Saya bilang
begitu? Karena dongle telkomsel flash itu drivernya udah tertanan di
dongle tersebut, jadi langsung jalan aja.

Di Linux, langkah yang tidak ribet untuk dongle telkomsel flash, dalam
hal ini E220, adalah memakai VMC, bisa di download disini:
https://forge.vodafonebetavine.net/projects/vodafonemobilec/

Be Open Mind, tak selamanya Windows lebih baik dan tak selamanya Windows
lebih jelek di banding Linux.