Dear All,

Saya baru nyoba-nyoba install postfix, tutorial yang saya ikuti ada
disini http://flurdy.com/docs/postfix

Mailserver skrg sudah bisa terima dan kirim, tapi setiap saya nambah
satu user, selalu saya harus melakukan dua langkah dibawah ini ketika
hendak login via webmail.

# maildirmake /var/mail/virtual/nama_user
# chown -R virtual:virtual /var/mail/virtual/

Bagaimana caranya agar maildir masing2 user bisa ter-create otomatis?

Saya dah googling dan nemu solusi disini:
http://www.wains.be/index.php/2005/06/22/centos-postfix-en-utilisateurs-virtuels/
tapi rasanya kurang puas, karena cara ini juga semi manual :)

Yaitu dengan membuat script sederhana, kemudian dipasang di crontab,
termasuk cron agar melakukan chown -R virtual:virtual /var/mail/virtual/

$basedir = '/var/mail/virtual';
$dbhost = 'localhost';
$db = 'db_name';
$dbuser = 'username';