2008/8/21 rasyid <[EMAIL PROTECTED]>
> untuk blok port 22 saya dah coba dan ternyata clientnya kreatif
> mungkin dia rubah portnya atau gimana saya blm tau.tapi masih bisa
> masuk.
>
> kalau untuk saran mas andika saya baru mo coba tapi saya blm tahu mana
> yg di rubah.Apakah di UseprivilegeSeparation dari yes jadi No atau yg
> lain?
>
> Mohon pencerahan tmn2??

Kalo  clientnya membuat tunnel ke remote server dengan port
destination yang berubah-ubah, sepertinya mesti menggunakan
layer7-filter si iptables (perlu patch) buat melakukan blok di
gateway.

# iptables -A FORWARD -m layer7 --l7proto ssh -j DROP

Lebih baik bila semua client tidak diizinkan akses keluar secara
langsung, tetapi harus melalui  proxy misalnya.